free fire movie music

free fire movie music

TI Sekolah Menengah Atas apa yang dimaksud index(of)

apa yang dimaksud index(of)

Jawaban:

saya bantu jawab ya

Penjelasan:

indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang ada dalam buku cetakan, biasanya pada bagian akhir, tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

(thanks) semoga membantu

salam dari Al-Muslimin

[tex]\tt indexOf()[/tex] adalah method/function yang mengembalikan/menghasilkan indeks atau posisi pertama dari kemunculan suatu nilai teks atau karakter dalam string, dimulai dari indeks awal tertentu.

Pembahasan

Beberapa bahasa pemrograman menggunakan nama method [tex]\tt indexOf()[/tex], seperti Javascript dan Java, namun ada juga yang menggunakan nama method [tex]\tt index()[/tex], seperti pada Python.

Pada umumnya, [tex]\tt indexOf()[/tex] menerima 2 buah parameter, yaitu teks yang dicari dan indeks awal pencarian. Parameter kedua, yaitu indeks awal pencarian, bersifat opsional. Jika tidak diberikan, maka secara default indeks awal pencarian adalah posisi/urutan pertama dalam string.

Secara umum, sintaks dari method [tex]\tt indexOf()[/tex] adalah:

[tex]\begin{aligned}\bullet\ &\texttt{obj.indexOf(str)}\\\bullet\ &\texttt{obj.indexOf(str,\:indexAwal)}\end{aligned}[/tex]

Sintaks jenis pertama memiliki arti:
mencari indeks pertama yang ditemukan dari string [tex]\tt str[/tex] dalam string [tex]\tt obj[/tex]. Sedangkan sintaks jenis kedua memiliki arti:
mencari indeks pertama yang ditemukan dari string [tex]\tt str[/tex] dalam string [tex]\tt obj[/tex], dimulai dari posisi indeks [tex]\tt indexAwal[/tex] dalam string [tex]\tt obj[/tex].

Pada bahasa pemrograman Java, parameter pertama bisa berupa [tex]\tt int\ char[/tex], yang merepresentasikan sebuah karakter, atau suatu nilai Unicode tertentu.

Contoh penggunaannya (Java/Javascript) adalah sebagai berikut.

[tex]\texttt{teks = "hari ini adalah hari minggu"}[/tex]

  • [tex]\texttt{indeks = teks.indexOf("hari")}[/tex]
    ⇒ Nilai indeks = 0, karena kemunculan pertama dari string “hari” dalam variabel [tex]\tt teks[/tex] adalah pada posisi 0 (posisi awal).
  • [tex]\texttt{indeks = teks.indexOf("hari", 4)}[/tex]
    ⇒ Nilai indeks = 16, karena kemunculan pertama dari string “hari” dalam variabel [tex]\tt teks[/tex] adalah pada posisi 16 (karakter ke-17 sampai 21).
  • [tex]\texttt{indeks = teks.indexOf('i')}[/tex]
    ⇒ Nilai indeks = 1, karena kemunculan pertama dari karakter ’i’ dalam variabel [tex]\tt teks[/tex] adalah pada posisi 0 (posisi awal).

Perlu diperhatikan pula bahwa [tex]\tt indexOf()[/tex] bersifat case-sensitive. Jadi, jika paramter pertama pada contoh di atas adalah "Hari", maka [tex]\tt indexOf()[/tex] akan mengembalikan nilai -1, artinya tidak ada atau tak ditemukan.

[answer.2.content]